Wednesday, May 5, 2010

Sony akan Menghentikan Penjualan Floppy Disk 3.5 inci

Tak terasa sebentar lagi sudah menjelang 20 tahun semenjak kemunculan Floppy Disk 3.5. Meski hampir tidak ada yang menggunakan dan membelinya lagi, Sony sendiri sebagai salah satu manufaktur besarnya masih menjual produk tersebut hingga sekarang.
Tetapi sepertinya hal itu akan segera berakhir, karena Sony telah mengumumkan niatnya untuk menutup penjualan Floopy Disk 3.5" di Jepang pada Maret 2011. Sedangkan untuk produksinya sendiri telah dihentikan sejak maret 2009 lalu.
Sepertinya, Floppy Disk yang pernah jaya di era 90-an ini sekarang hanya akan digunakan sebagai pajangan dan aksesoris lucu saja, yang sekarang banyak dimodifikasi dan dijual sebagai hasil kreasi.
Perkembangan tempat penyimpanan data yang sangat pesat belakangan ini terlihat telah menenggelamkan penggunaan Disket Floppy Disk 3.5 inci yang hanya dapat menyimpan file sebesar 1.44MB. Semenjak kemunculan CD, USB Flash, DVD, penggunaan Floppy Disk ini sangat jarang terlihat, bahkan banyak PC yang tidak memiliki Hardware untuk membaca dan membuka Floppy Disk tersebut. Bahkan berkat popularitasnya, hingga kini, floppy disk menjadi gambar ikon yang melambangkan instruksi menyimpan, dalam beberapa software pengolah dokumen maupun aplikasi berbasis web. Namun, kemasyhuran floppy mulai pudar, sejak munculnya format simpan CD-R/ CD-RW, serta memori USB flash yang lebih mungil dan lebih portabel.





Floppy kini jauh tertinggal bila dibandingakan dengan cakram CD yang bisa menyimpan hingg 650 MB data, atau bahkan, dari Blu-ray yang bisa menyimpan hingga 17 GB data. Sebelum mengumumkan rencana penghentian produksi floppy disc, Sony juga telah menghentikan ekspor floppy-nya ke luar Jepang sejak Maret tahun ini.

2 komentar:

files on November 26, 2010 at 2:54 PM said...

hari gini mah floppy beginian udah ga ada yg pake kali...

Anonymous said...

masi keinget, tahun 1997, pake floppy 1.44 untuk booting pake QNX neutrino, untuk browsing internet.
hehehehehe, linux dowank mah lewad jawuh..
dengan QNX, 1.44mb sudah dengang Xwindows, phone dialler, web browser, dllsb. :D

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjung Blog ini...Jangan lupa untuk menambah kometar setiap kali anda bekunjung...

 

Guest Book


ShoutMix chat widget

Site Info

See More [ View | Join ]

Followers

Cyber Net World Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template