Thursday, December 24, 2009

Nasib Twitter Makin Membaik

Setelah terus menerus menerima komentar negatif seputar model bisnisnya yang sulit menghasilkan keuntungan bagi perusahaan, Twitter akhirnya bisa sedikit meredam kritik tersebut.

Seperti VIVAnews kutip dari PC World, 23 Desember 2009, Business Week mencatat bahwa Twitter akan meraih keuntungan di tahun 2009 ini, berkat perjanjian konten yang mereka sepakati di tahun tersebut.

Seperti diketahui, Twitter baru-baru ini menyepakati kerjasama dengan Google dan Microsoft agar konten-konten Twitter dapat dicari oleh mesin Google dan Bing. Adapun nilai yang didapat oleh perusahaan dari Microsoft mencapai sekitar 15 juta dolar AS, sementara dari Microsoft sebesar 10 juta dolar.

Jika dikurangi dengan pengeluaran – yang diperkirakan oleh Business Week mencapai 20 sampai 25 juta dolar AS – itu berarti di tahun 2009 ini Twitter berhasil meraih sedikit keuntungan.

Agar Twitter dapat menguntungkan, mereka perlu melakukan reduksi biaya. Layanan pengiriman pesan teks, yang mengirimkan tweets ke ponsel, merupakan salah satu pengeluaran terbesar mereka. Dengan popularitasnya yang terus menanjak, akhirnya Twitter berhasil menyesuaikan dan mendapatkan perjanjian yang lebih baik dengan operator seputar pengiriman pesan ke ponsel.

Akan tetapi, masih perlu disimak lebih lanjut sampai di mana Twitter mampu tetap menguntungkan. Pekerjaan pertama, yakni mendapatkan perjanjian seputar konten, merupakan cara paling mudah bagi perusahaan untuk mencetak keuntungan.

Cara berikutnya mungkin adalah mengenakan biaya untuk akun komersial. Pasalnya, tweeting merupakan salah satu metode yang bisa dilakukan oleh para perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pelanggannya. Cara lainnya adalah dengan iklan.

Perubahan-perubahan seperti itu mungkin berefek terhadap Twitter yang akan terasa lebih komersil bagi penggunanya. Akan tetapi ini perlu dilakukan, melihat model bisnis yang digunakan saat ini tidaklah mampu menopang perusahaan secara jangka panjang.

1 komentar:

infospesial astaga on December 28, 2009 at 8:13 AM said...

I luv twitter... i hope twitter become the best

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjung Blog ini...Jangan lupa untuk menambah kometar setiap kali anda bekunjung...

 

Guest Book


ShoutMix chat widget

Site Info

See More [ View | Join ]

Followers

Cyber Net World Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template